makalah motivasi belajar


MAKALAH
MOTIVASI BELAJAR
UNJA.jpegUNJA.jpeg
UNJA.jpeg
UNJA.jpeg


Dosen pengampu : Dr.Drs.Hj.Muazza,M.Si
Kelas : 1/H
Disusun oleh :

1)            Aminah ramalia
2)            Firda indriani
3)            Hermania suhada
4)            Yusra hamini
5)            Mifta ariandra
6)            Siepriyadi


PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERISTAS JAMBI


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "MOTIVASI BELAJAR". Makalah ini telah kami susun dengan semaksimal mungkin.
    Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
     Akhir kata kami berharap semoga makalah ini  dapat menginspirasi para pembaca untuk mengangkat permasalahan lain
.

Penyusun


24 November 2016



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................................... ii

BAB I  PENDAHULUAN
A.    Latar belakang....................................................................................................... 1
B.     Rumusan masalah.................................................................................................. 1
C.     Tujuan.................................................................................................................... 1

BAB II KAJIAN TEORI
A.    Pengertian Motivasi.............................................................................................. 2
B.     Tujuan motivasi..................................................................................................... 2

BAB III PEMBAHASAN
A.    Definisi motivasi belajar....................................................................................... 3
B.     Pentingnya motivasi dalam belajar....................................................................... 4
C.     Upaya peningkatan motivasi belajar.................................................................... 4

BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan.......................................................................................................... 6
B.     Saran.................................................................................................................... 6

DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 7



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Proses pembelajaran dapat dijelaskan dengan menggunaan berbagai teori belajar. Di samping itu proses tersebut dapat pula di jelaskan dengan memperhatikan satuaspek yang penting ,yaitu motivasi siswa. Guru seringdirisaukan dengan adanya siswa yang dinilai cerdas tetapi mempunyai prestasi yang sedang sedang saja.
Keberhasilan belajar di pengaruhi oleh banyafaktor yang bersal dari dalam dan luar diri siswa .faktor luar misalnya fasilitas belajar,cara mengajar guru,sistem pemberian umpan balik ,dan sebagainya .faktor-faktor dari dalam diri siswa mencakup kecerdasan, strategi, motivasi, dan sebagainya. namun pada kenyataanya dalam suatu kelas,keadaan siswa bermacam-macam unutk belajar maupun menerima pelajaran yang di sampaikan oleh guru. Oleh karena itu guru perlu memperhatikan kondisi ekstern belajar,kondisi internsiswayang belajar. Sehingga pentingnya motivasi, jenis dan sifat motivasi ,dan upaya peningkatan motivasi belajar benar-benar perlu di pahami.

B.     Rumusan masalah
a.       Apa pengertian motivasi belajar ?
b.      Apa pentingnya motivasi dalam belajar ?
c.       Bagaimana upaya peningkatan motivasi belajar ?

C.    Tujuan
a.       Mengetahui pengertian dari motivasi belajar
b.      Mengetahui seberapa penting motivasi belajar
c.       mengetahui upaya-upaya meningkatkan motivasi belajar



BAB II
KAJIAN TEORI

A.    Pengertian motivasi
Pengertian motivasi sungguh sudah banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli psikolig ,secara etimologi ,motif ataudalambahasa inggris motive ,berasal dari motion yang berarti “gerakan” atau “sesuatu yang bergerak”. Jadi istilah motif erat berkaitan dengan gerak yakni gerakan yang dilakukan oleh manusia atau disebut juga perbuatan atau tingkah laku
Motif disini psikologi berarti rangsangan, dorongan, atau pembangkit tenaga untuk terjadinya suatu tingkah laku. Sebenarnya ,motivasi merupakan isitilah yang lebih umum yang menunjuk pada seluruh proses gerakan termasuk situasi yang mendorong, dorongan yang timbul dari dalam diri individu, tingkahlaku yang ditimbulkannya, dan tujuan akhir dari gerakan atau perbuatan. Namun dengan demikianmotivasi dapat diartikan sebagai :
a.             Dorongan yang timbulpada diri seseorang ,secara sadar atau tidak ,untuk melakukan tindakan dengan tujuan tertentu .
b.            Usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang untuk bergerak melakukan sesuatu karena inigin mencapai tujuan yang diinginkan.

B.     Tujuan motivasi
Tujuan motivasia dalah untuk menggerakkan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauan untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan tertentu. Bagi seorang guru tujuan motivasiadalah untuk menggerakkaan atau memacu para siswa agar mempunyai keinginan dan kemauannyauntuk meningatkan prestasi belajar sehingga tujuan pendidikan sesuai dengan yang diinginkan dan yang diharapkan serta apa yang telah ditetapkan dalam kuriulum sekolah .



BAB III
PEMBAHASAN
A.    DEFINISI MOTIVASI BELAJAR
a.      Motivasi menurut para ahli
a)      Sardiman
Motivasi belajar dari kata “motif” yang diartikan sebagai “daya penggerak yang telah menjadi aktif”.
b)      Drs.M.Dalyono
Motivasi adalah daya penggerak atau pendorong untuk melakukan suatu pekerjaa, yang bisa berasal dari dalam diri dan juga dari luar.
c)      Djamarah
Motivasi adalah suatu perubahan energididalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya efeltif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan.
d)     Moekijat
Motivasi adalahsetiap perasaanatau keinginan yang sangat mempengaruhi orang, sehingga individu didorong untuk bertinda.motivasi adalah pengaruh,kekuatanyang menimbulkan kelakuan.
b.      belajar menurut para ahli
a)      Nasution,dkk
Belajar dalam arti luas dapat diartikan sebagai suatuproses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah lakusebagaihasildari terbentuknyarespon utama, dengan sarat bahwa perubahan atau munculnya tingkah laku baru itu bukan disebabkan oleh adanya perubahan sementara suatu hal.
b)      Sudjana
Belajar adalahsuau prosesyang ditandai denganadanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan dalam diriseseorang dapat ditunjukkan dalam diri seseorangdapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubahnya pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilan dan kemampuannya, daya reaksinya,daya penerimaannya dan lain-lain aspek yang ada pada individu.



B.     PENTINGNYA MOTIVASI  DALAM BELAJAR
Motivasi belajar sangat penting bagi siswa dan guru. Pentingnya motivssi belajar bagi siswa adalah sebagai berikut :
a.       Menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses dan hasil akhir.
b.      Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, yang dibandingkan dengan teman sebaya.
c.       Mengarahkan kegiatan belajar.
d.      Membesarkan semangat belajar
e.       Menyadarkan bahwa adanya perjalan belajar dan kemudian bekerjayang berkesinambungan.

C.    UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR
Berikut ini dikemukakan beberapa petunjuk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
a.  Memperjelas tujuan yang ingin dicapai.
Tujuan yang jelas dapat membuat siswa paham kearah mana ia ingin dibawa. Pemahaman siswa terhadap tujuan pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. semakin jelas tujuan yang ingin dicapai ,semakin kuat motivasi belajar siswa.
b. Membangkitkan minat siswa
Siswa akan terdorong untu belajar manakala mereka memiliki minat untu belajar. Oleh karena itu, mengembangkan minat belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan motivasi belajar, salah satu caranya adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan minat siswa.
c.  Ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar
Siswa hanya mungkin dapat belajar baik manakala ada dalam suasana yang menyenangkan ,merasa aman, bebas dari takut.
d.       Menggunakan variasi metode penyajian yang menarik
Dengan pembelajaran yang menarik, maka akan membangkitkan rasa ingin tahu siswa di dalam kegiatan pembelajaran yang selanjutnya siswa akan termotivasi dalam pembelajaran.
e.  Berilah pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa
Motivasi akan tumbuh manakala siswa merasa dihargai. Dalam pemberlajaran pujian dimanfaatkan sebagai alat motivasi .jangan memuji secara berlebihan karena akan teresan dibuat-buat .
f.  Berikan penilaian
Penilaian secara terus menerus akan mendorong siswa belajar, oleh karena setiap ana memiliki kecenderungan untuk memperoleh hasl yang baik. Disamping itu ,para siswa selalu mendapat tantangan dan masalah yang harus dihadapi dan di pecahkan, sehingga mendorongnya belajar lebih teliti dan seksama
g. Berilah komentar terhadap hasil pekerjaan siswa
Siswa butuh penghargaan. Penghargaan bisa dilakukan dengan memberikan komentar yang positif. Komentar yang positif dapat meningkatkan motivasi siswa.
h. Ciptakan persaingandan kerjasama
Persaingan yang sehat dapat menumbuhkan pengaruh yang baik untuk keberhasilan proses pembelajaran siswa.



BAB IV
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Motivasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Tanpa motivasi belajar, sulit untuk mengharapkan prestasi belajar yang baik. Oleh karena itu,dengan memahami pengertian motivasi dan mengetahui cara-cara peningkatan motivasi diharapkan dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari sehingga bisa menikmati tugas-tugas belajar, mencapai keberhasilan dalam studi, karir serta kehidupan selanjutnya.

B.      SARAN
Guru harus menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan ,aktif , dan kreatif agar siswa lebih termotivasi dan tertarik untuk belajar, dengan menggunakan media atau alat peraga agar pembelajaran lebih ceria.



DAFTAR PUSTAKA



Komentar