MAKALAH
MOTIVASI BELAJAR
Dosen
pengampu : Dr.Drs.Hj.Muazza,M.Si
Kelas
: 1/H
Disusun
oleh :
2)
Firda
indriani
3)
Hermania
suhada
4)
Yusra
hamini
5)
Mifta
ariandra
6)
Siepriyadi
PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERISTAS JAMBI
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah
yang berjudul "MOTIVASI BELAJAR".
Makalah ini telah kami susun dengan semaksimal mungkin.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat menginspirasi para pembaca untuk mengangkat permasalahan lain.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat menginspirasi para pembaca untuk mengangkat permasalahan lain.
Penyusun
24
November 2016
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR....................................................................................................
i
DAFTAR
ISI................................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar belakang....................................................................................................... 1
B.
Rumusan masalah.................................................................................................. 1
C.
Tujuan.................................................................................................................... 1
BAB
II KAJIAN TEORI
A. Pengertian
Motivasi.............................................................................................. 2
B. Tujuan
motivasi..................................................................................................... 2
BAB
III PEMBAHASAN
A. Definisi
motivasi belajar....................................................................................... 3
B. Pentingnya
motivasi dalam belajar....................................................................... 4
C. Upaya
peningkatan motivasi belajar.................................................................... 4
BAB
IV PENUTUP
A. Kesimpulan.......................................................................................................... 6
B. Saran.................................................................................................................... 6
DAFTAR
PUSTAKA..................................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Proses pembelajaran dapat dijelaskan dengan menggunaan
berbagai teori belajar. Di samping itu proses tersebut dapat pula di jelaskan
dengan memperhatikan satuaspek yang penting ,yaitu motivasi siswa. Guru
seringdirisaukan dengan adanya siswa yang dinilai cerdas tetapi mempunyai
prestasi yang sedang sedang saja.
Keberhasilan belajar di
pengaruhi oleh banyafaktor yang
bersal dari dalam dan luar diri siswa .faktor luar misalnya fasilitas
belajar,cara mengajar guru,sistem pemberian umpan balik ,dan sebagainya
.faktor-faktor dari dalam diri siswa mencakup kecerdasan, strategi, motivasi,
dan sebagainya. namun pada kenyataanya dalam suatu kelas,keadaan siswa
bermacam-macam unutk belajar maupun menerima pelajaran yang di sampaikan oleh
guru. Oleh karena itu guru perlu memperhatikan kondisi ekstern belajar,kondisi
internsiswayang belajar. Sehingga pentingnya motivasi, jenis dan sifat motivasi
,dan upaya peningkatan motivasi belajar benar-benar perlu di pahami.
B.
Rumusan
masalah
a. Apa
pengertian motivasi belajar ?
b. Apa
pentingnya motivasi dalam belajar ?
c. Bagaimana
upaya peningkatan motivasi belajar ?
C.
Tujuan
a. Mengetahui
pengertian dari motivasi belajar
b. Mengetahui
seberapa penting motivasi belajar
c. mengetahui
upaya-upaya meningkatkan motivasi belajar
BAB
II
KAJIAN TEORI
A.
Pengertian
motivasi
Pengertian motivasi
sungguh sudah banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli psikolig ,secara
etimologi ,motif ataudalambahasa inggris motive ,berasal dari motion yang
berarti “gerakan” atau “sesuatu yang bergerak”. Jadi istilah motif erat
berkaitan dengan gerak yakni gerakan yang dilakukan oleh manusia atau disebut
juga perbuatan atau tingkah laku
Motif
disini psikologi berarti rangsangan, dorongan, atau pembangkit tenaga untuk
terjadinya suatu tingkah laku. Sebenarnya ,motivasi merupakan isitilah yang
lebih umum yang menunjuk pada seluruh proses gerakan termasuk situasi yang
mendorong, dorongan yang timbul dari dalam diri individu, tingkahlaku yang
ditimbulkannya, dan tujuan akhir dari gerakan atau perbuatan. Namun dengan
demikianmotivasi dapat diartikan sebagai :
a.
Dorongan yang timbulpada diri seseorang
,secara sadar atau tidak ,untuk melakukan tindakan dengan tujuan tertentu .
b.
Usaha yang dapat menyebabkan seseorang
atau kelompok orang untuk bergerak melakukan sesuatu karena inigin mencapai
tujuan yang diinginkan.
B.
Tujuan
motivasi
Tujuan motivasia dalah
untuk menggerakkan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauan
untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan
tertentu. Bagi seorang guru tujuan motivasiadalah untuk menggerakkaan atau
memacu para siswa agar mempunyai keinginan dan kemauannyauntuk meningatkan
prestasi belajar sehingga tujuan pendidikan sesuai dengan yang diinginkan dan
yang diharapkan serta apa yang telah ditetapkan dalam kuriulum sekolah .
BAB III
PEMBAHASAN
A.
DEFINISI
MOTIVASI BELAJAR
a.
Motivasi
menurut para ahli
a)
Sardiman
Motivasi belajar dari
kata “motif” yang diartikan sebagai “daya penggerak yang telah menjadi aktif”.
b)
Drs.M.Dalyono
Motivasi adalah daya
penggerak atau pendorong untuk melakukan suatu pekerjaa, yang bisa berasal dari
dalam diri dan juga dari luar.
c)
Djamarah
Motivasi adalah suatu
perubahan energididalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya
efeltif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan.
d)
Moekijat
Motivasi adalahsetiap
perasaanatau keinginan yang sangat mempengaruhi orang, sehingga individu
didorong untuk bertinda.motivasi adalah pengaruh,kekuatanyang menimbulkan
kelakuan.
b.
belajar
menurut para ahli
a)
Nasution,dkk
Belajar dalam arti luas
dapat diartikan sebagai suatuproses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya
suatu tingkah lakusebagaihasildari terbentuknyarespon utama, dengan sarat bahwa
perubahan atau munculnya tingkah laku baru itu bukan disebabkan oleh adanya
perubahan sementara suatu hal.
b)
Sudjana
Belajar adalahsuau prosesyang
ditandai denganadanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan dalam
diriseseorang dapat ditunjukkan dalam diri seseorangdapat ditunjukkan dalam
berbagai bentuk seperti berubahnya pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan
tingkah lakunya, keterampilan dan kemampuannya, daya reaksinya,daya
penerimaannya dan lain-lain aspek yang ada pada individu.
B. PENTINGNYA MOTIVASI DALAM BELAJAR
Motivasi
belajar sangat penting bagi siswa dan guru. Pentingnya motivssi belajar bagi
siswa adalah sebagai berikut :
a.
Menyadarkan kedudukan pada awal belajar,
proses dan hasil akhir.
b.
Menginformasikan tentang kekuatan usaha
belajar, yang dibandingkan dengan teman sebaya.
c.
Mengarahkan kegiatan belajar.
d.
Membesarkan semangat belajar
e.
Menyadarkan bahwa adanya perjalan
belajar dan kemudian bekerjayang berkesinambungan.
C. UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR
Berikut
ini dikemukakan beberapa petunjuk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
a.
Memperjelas tujuan yang ingin dicapai.
Tujuan yang jelas dapat
membuat siswa paham kearah mana ia ingin dibawa. Pemahaman siswa terhadap
tujuan pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar yang pada
gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. semakin jelas tujuan
yang ingin dicapai ,semakin kuat motivasi belajar siswa.
b.
Membangkitkan minat siswa
Siswa akan terdorong
untu belajar manakala mereka memiliki minat untu belajar. Oleh karena itu,
mengembangkan minat belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam
mengembangkan motivasi belajar, salah satu caranya adalah mengaitkan pengalaman
belajar dengan minat siswa.
c.
Ciptakan suasana yang menyenangkan dalam
belajar
Siswa hanya mungkin
dapat belajar baik manakala ada dalam suasana yang menyenangkan ,merasa aman,
bebas dari takut.
d.
Menggunakan variasi metode penyajian yang
menarik
Dengan
pembelajaran yang menarik, maka akan membangkitkan rasa ingin tahu siswa di
dalam kegiatan pembelajaran yang selanjutnya siswa akan termotivasi dalam
pembelajaran.
e.
Berilah pujian yang wajar setiap keberhasilan
siswa
Motivasi akan tumbuh
manakala siswa merasa dihargai. Dalam pemberlajaran pujian dimanfaatkan sebagai
alat motivasi .jangan memuji secara berlebihan karena akan teresan dibuat-buat
.
f.
Berikan
penilaian
Penilaian secara
terus menerus akan mendorong siswa belajar, oleh karena setiap ana memiliki
kecenderungan untuk memperoleh hasl yang baik. Disamping itu ,para siswa selalu
mendapat tantangan dan masalah yang harus dihadapi dan di pecahkan, sehingga
mendorongnya belajar lebih teliti dan seksama
g.
Berilah komentar terhadap hasil pekerjaan siswa
Siswa butuh
penghargaan. Penghargaan bisa dilakukan dengan memberikan komentar yang
positif. Komentar yang positif dapat meningkatkan motivasi siswa.
h.
Ciptakan persaingandan kerjasama
Persaingan yang sehat
dapat menumbuhkan pengaruh yang baik untuk keberhasilan proses pembelajaran
siswa.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Motivasi
adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Motivasi memegang
peranan penting dalam kehidupan manusia. Tanpa motivasi belajar, sulit untuk
mengharapkan prestasi belajar yang baik. Oleh karena itu,dengan memahami
pengertian motivasi dan mengetahui cara-cara peningkatan motivasi diharapkan
dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari sehingga bisa menikmati tugas-tugas
belajar, mencapai keberhasilan dalam studi, karir serta kehidupan selanjutnya.
B.
SARAN
Guru
harus menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan ,aktif , dan kreatif
agar siswa lebih termotivasi dan tertarik untuk belajar, dengan menggunakan
media atau alat peraga agar pembelajaran lebih ceria.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar